WartaKom: Kuliah Kerja Lapangan Ilmu Komunikasi 2023

Sebanyak 165 mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Angkatan 2023 telah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang berlangsung selama 6 hari 5 malam, pada 10-15 November 2024. Program ini dirancang untuk mengintegrasi dan implementasi ilmu perkuliahan dengan praktik nyata di dunia kerja, sekaligus memperluas wawasan mahasiswa terkait sektor komunikasi, media, dan pemasaran.

Kegiatan KKL angkatan ini terasa istimewa, karena melibatkan perusahaan dan instansi dengan reputasi nasional hingga internasional, seperti PT Jawa Pos Koran, PT Yakult Indonesia Persada, PT Aice Cream Industri, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur, serta Dewata TV di Bali. Pemilihan lokasi kunjungan didasarkan pada relevansi kuat dengan bidang komunikasi serta kemampuan untuk dijadikan acuan keberhasilan industri komunikasi.

Ketua KKL 2023, menjelaskan bahwa pemilihan perusahaan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa, bagaimana penerapan strategi komunikasi dijalankan pada sektor media dan pemasaran, baik secara lokal maupun global. “Melalui kunjungan ini, mahasiswa dapat memahami bagaimana perusahaan tersebut mampu bertahan dan berkembang, sekaligus mempelajari proses pemasaran serta produksi yang dilakukan,” ujar Farhan.

Kunjungan Inti di Jawa Timur

Rangkaian KKL dimulai di Jawa Timur dengan melakukan empat kunjungan pada perusahaan besar. Di antaranya PT Jawa Pos Koran, mahasiswa disuguhkan pemahaman mengenai proses produksi media cetak, mulai dari perencanaan editorial hingga distribusi. Diskusi mendalam dua arah dengan redaksi juga dilakukan, guna memberikan wawasan beserta tantangan yang dihadapi oleh industri media cetak di era digital.

Sementara itu, kunjungan ke PT Yakult Indonesia Persada dan PT Aice Cream Industri telah memperlihatkan, bagaimana strategi komunikasi pemasaran berhasil diterapkan untuk membangun kepercayaan konsumen dan memperluas sasaran pasar perusahaan. Di perusahaan ini, mahasiswa menyaksikan secara langsung proses produksi dan inovasi produk yang menjadi kunci keberlanjutan perusahaan.

(dari kiri ke kanan: kunjungan mahasiswa di PT Yakult Indonesia Persada dan PT Aice Cream Industri)

Diskominfo Jawa Timur menjadi tujuan kunjungan berikutnya, memberikan wawasan mengenai pentingnya komunikasi publik dalam lingkup pemerintahan. Mahasiswa mempelajari, bagaimana pengelolaan informasi publik dilakukan untuk menjaga transparansi, serta tantangan melawan disinformasi di era digital.

Belajar Budaya dan Industri di Pulau Bali

Dari Jawa Timur, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali. Di pulau ini, kunjungan dilakukan pada Dinas Komunikasi, Informatika Kabupaten Badung, dan Dewata TV yang menjadi sorotan utama. Pada Diskominfo Badung, mahasiswa mendalami peran teknologi dalam membangun citra daerah yang sekaligus mendukung promosi pariwisata Bali. Sementara itu, kunjungan ke Dewata TV memberikan perspektif baru terhadap industri penyiaran lokal yang tetap bertahan di tengah gempuran platform digital.

Tidak hanya belajar, mahasiswa juga diajak menikmati keindahan budaya Bali untuk menghilangkan penat selama perjalanan dan perkuliahan di kampus. Dari Pura Ulun Danu hingga pertunjukan Tari Kecak, telah mengajarkan mahasiswa mengenai nilai-nilai budaya lokal yang tetap relevan hingga era modern saat ini. Diakhir acara, makan malam di Pantai Jimbaran menjadi penutup yang sempurna dari kunjungan keindahan Pulau Bali. Dengan memberikan momen refleksi atas pengalaman yang telah didapatkan.

(potret beberapa mahasiswa yang mengabadikan momen di Pura Ulun Danu).

Mas Yanuar, salah satu dosen pendamping KKL, menilai kegiatan ini memberikan banyak manfaat. “KKL merupakan tempat mahasiswa untuk mengeksplorasi pemahaman mereka tentang perkuliahan, sekaligus memberikan gambaran dunia kerja yang sesungguhnya,” ujarnya.

Namun, Mas Yanuar juga memberikan catatan untuk perbaikan Kunjungan Kuliah Lapangan (KKL) di masa yang akan datang. “Ada beberapa perusahaan yang tidak sepenuhnya fokus pada komunikasi. Jadi, kami perlu lebih selektif dalam memilih tujuan kunjungan agar manfaatnya lebih optimal,” imbuhnya.

Selain mendapatkan wawasan profesional, KKL juga menjadi ajang mempererat hubungan antar mahasiswa. Banyak peserta merasakan kebersamaan yang lebih erat di antara seluruh angkatan. Selain itu, kunjungan ini membantu mahasiswa dalam menentukan pilihan penjurusan dan arah karir yang sesuai.

Dengan membawa ilmu, pengalaman, dan kenangan yang tak terlupakan, rombongan KKL tiba kembali di Yogyakarta pada 15 November 2024. Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan akademik mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk berkontribusi di dunia kerja komunikasi yang dinamis.

Penulis             : Caravella Zahra

Editor              : Ayu Puspita N.