“THE COMNACE”
’Set Your Sail Beat Your Fail’
Yogyakarta, 26 Agustus 2022
Dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata kelautan Indonesia, berbagai langkah promosi maupun strategi komunikasi dilakukan oleh banyak insan komunikasi. Tidak terlepas salah satunya melalui rangkaian Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial – Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2022. Dengan mengangkat tema besar “Nusantara’s Lost Horizon”, secara keseluruhan output yang diharapkan adalah mengenalkan kembali keindahan Indonesia yang sempat melemah selama masa pandemi Covid-19. Aksi nyata dan kontribusi yang dilakukan bermuara pada penugasan yang diberikan kepada mahasiswa baru. Penugasan ini sendiri merupakan kewajiban bagi seluruh mahasiswa baru, mengingat pelaksanaan PKKMB 2022 masih dilakukan secara daring (online) dengan platform Zoom Meeting. Bentuk penugasan yang diberikan tentu sangat berkaitan dengan mata kuliah yang nantinya akan dipelajari oleh peserta, seperti public speaking, movie director, leadership skill, editing skill, dan lain-lain.
Kontribusi yang diberikan melalui rangkaian acara The Comnace, tidak hanya berfokus pada sektor pariwisata pasca pandemi, tetapi juga pada perhelatan event besar G20 yang sedang dipersiapkan oleh Indonesia hingga puncaknya di bulan Desember 2022. Hal ketiga yang menjadi segmentasi dari kontribusi penugasan bertempat pada pencapaian target Sustainable Development Goals (SDG). Kontribusi ini disalurkan dengan menggunakan hashtag di media sosial yang berkaitan dengan tujuan tema besar yang diangkat seperti #G20, #Kemenparekraf, #SDGs, dan lain sebagainya. Output tersirat yang juga turut menjadi perhatian segenap panitia adalah munculnya inisiasi dan ide kreatif dari mahasiswa untuk dapat kembali menggelorakan keagungan pariwisata Nusantara sehingga dapat menjadi branding secara personal bagi setiap mahasiswa baru untuk memperkenalkan keahlian mereka.
Pelaksanaan ‘The Comnace’ bertempat di Laboratorium Ilmu Komunikasi atau lebih spesifiknya di Ruang Produksi Audio Visual di Gedung ISDB Lantai 1. Terhitung total panitia yang berperan dalam kesuksesan acara ini berjumlah 60 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 dan 2020. Sementara mahasiswa baru, dengan total lebih dari 200 yang menjadi peserta, bergabung melalui Zoom yang telah disediakan. Di bawah bimbingan Ketua Pelaksana dan kerja sama dari seluruh pihak terkait, secara garis besar rangkaian target utama dari pelaksanaan PKKMB sebagai program kerja Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) HIMAKOM telah tercapai.
Rangkaian acara hari puncak dimulai dengan penayangan video kolaborasi dan beberapa content yang telah disiapkan oleh panitia sembari menunggu peserta Zoom bergabung tepat pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kemudian acara dibuka oleh Master of Ceremony hingga ditutup tepat pada pukul 17.00 WIB. Sepanjang acara tersebut diisi dengan sesi Talkshow sebanyak 3 kali dengan narasumber dari dosen Ilmu Komunikasi, alumni, dan production crew film Denok yang turut menyumbangkan karyanya untuk ditayangkan dalam ‘The Comnace’. Setiap transisi acara diisi juga dengan penayangan penugasan kelompok dari mahasiswa baru berupa video pitching. Penugasan ini termasuk langkah inisiasi segar di PKKMB Ilmu Komunikasi sehingga banyak sekali arahan oleh panitia kepada seluruh peserta agar dapat menghasilkan karya yang bagus dan menarik di mata nasional hingga skala internasional serta dapat menumbuhkan kepekaan mahasiswa sebagai agent of change untuk lebih peduli dengan alam atau pariwisata di Indonesia dan nantinya dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Penampilan hiburan spesial dari Djangan Bingoeng dan Itchy Band juga disuguhkan ke dalam rangkaian acara sehingga dapat memantik minat peserta agar tetap memperhatikan layar Zoom.
Puncak acara ditutup dengan penayangan After Movie yang menampilkan perjalanan panitia dalam mempersiapkan The Comnace membuat suasana pecah haru bagi seluruh panitia yang berkumpul di venue utama. Suasana yang dipenuhi oleh tangis bahagia akan kesuksesan acara serta tangis sedih akan perpisahan dan pembubaran panitia yang ada di depan mata meninggalkan kenangan berharga dan rasa kekeluargaan yang dibangun dalam lama waktu empat bulan. Antusias peserta turut menambah semangat dan apresiasi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara. Akhir kata, ’The Comnace’ ditutup sempurna dengan evaluasi dari pihak panitia dan peserta yang akan disampaikan pada tahun berikutnya.
Penulis: Agusto Andreas Tahalele
Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka











