Pendampingan penelitian mahasiswa merupakan kegiatan untuk mewadahi mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi dalam melakukan penelitian. Bentuk pendampingan berupa pusat informasi terkait penelitian, sosialisasi atau workshop, forum diskusi, dan lain sebagainya. Kegiatan dibawah Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) ini dapat menggali kreativitas mahasiswa sehingga mampu bersaing diajar kompetisi penelitian baik dalam tingkat fakultas maupun universitas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya penalaran dan berpikir kritis akan pengembangan pengetahuan di bidang keilmuan.

Salah satu bentuk penelitian yang diikuti oleh para mahasiswa ialah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dimana terdapat 10 tim dengan masing-masing 3 anggota di dalamnya yang turut menjadi peserta penelitian. Kegiatan pendampingan dilakukan secara bertahap, dimulai dari bulan Oktober 2022 hingga Januari 2023. Tidak sebatas dari mahasiswa saja, jajaran dosen pun turut mendampingi dan memberi arahan kepada peserta penelitian. Bapak Gilang Jiwana Adikara S.I.Kom., M.A. selaku Dosen Ilmu Komunikasi UNY merupakan salah satu dosen yang bersedia memberi masukan pada sesi forum diskusi terhadap penelitian yang dilakukan. Forum diskusi dilakukan setiap hari sabtu dan bertempat di ruang kuliah FIS UNY.

Selain forum dikusi, kegiatan ini juga melakukan kerja sama dengan Tim PKM Center FIS UNY dan diikuti oleh berbagai bentuk pendampingan lainnya. Sosialisasi mengenal PKM misalnya, sosialiasi tersebut mengundang salah satu dosen fakultas ekonomi sebagai narasumber yang juga berprofesi sebagai reviewer PKM UNY serta finalis PIMNAS 2021. Sosialisasi dilakukan secara terbuka dan memberi insight menarik bagi pesertanya. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme keaktifan dan sikap responsif peserta di dalam sesi interaktif atau diskusi. Peserta mampu menyampaikan pertanyaan serta gagasan kritis terkait topik yang dibahas. Topik sosialisasi yang dipaparkan mampu menyemangatkan peserta dalam melakukan penelitian. Besar harapan yang dimiliki mengenai kegiatan pendampingan ini agar dapat menumbuhkan semangat mahasiswa lainnya untuk menuangkan kreativitas mereka dalam berbagai penelitian.


Penulis: Nurul Fadilah

Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka

Categories: Uncategorized