Mengusung tema “Rahasia di Balik Konten HIMAKOM: Mengintip Dapur Konten HIMAKOM UNY”, divisi Jaringan Informasi dan Media (JIM) sukses menyelenggarakan workshop pelatihan desain khusus untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY pada tanggal 18 September 2022. Pelatihan desain ini merupakan salah satu program kerja baru divisi JIM HIMAKOM 2022. Terselenggaranya pelatihan desain ini diikuti oleh 57 mahasiswa llmu Komunikasi UNY dan berjalan dengan sesi interaktif melalui Zoom Cloud Meeting. Kedua pemateri yang memberikan ilmu dasar seputar desain grafis adalah editor HIMAKOM 2022, yaitu Dani Ahmad Nugraha, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY 2020, Senior Graphic Designer yang memiliki pengalaman dalam dunia desain grafis selama lima tahun dan juga beberapa penghargaan perlombaan desain serta Betran Yunior, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY 2021 yang juga merupakan Senior Graphic Designer dengan beberapa prestasi dalam dunia desain grafis.

Workshop pelatihan desain dimulai pukul 10.00 WIB dan diawali dengan pembukaan serta sambutan dari Pembina Kemahasiswaan HIMAKOM UNY, Gilang Jiwana Adikara, S.I.Kom., M.A. Pemaparan materi dibagi menjadi dua sesi dengan dua materi yang berhubungan. Sesi pertama adalah penyampaian materi seputar “Get to Know HIMAKOM” oleh Dani Ahmad Nugraha yang bertujuan untuk mengenalkan gaya dan penyampaian informasi dalam segi visual yang dilakukan HIMAKOM UNY 2022. Selain itu, materi pertama yang disampaikan juga membahas mengenai pentingnya desain dalam dunia komunikasi, dimana desain menjadi branding sekaligus strategi komunikasi visual. Sesi kedua dengan materi “Making Your Design Much Better” disampaikan oleh Betran Yunior. Materi kedua membahas mengenai teknis dasar dalam dunia desain grafis dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat sebuah desain grafis, yaitu content, visual power, legibility, dan cohesive. Tips dan teknik untuk membuat desain konten Instagram juga disampaikan dalam sesi kedua ini.

Selanjutnya sesi pemaparan materi, dilanjutkan mini games yang berisi pertanyaan seputar materi yang disampaikan sebelumnya. Mini games ini bertujuan untuk melihat apakah para peserta berhasil memahami materi yang disampaikan atau tidak. Kemudian, setelah mini games berakhir, maka sesi tanya jawab pun dimulai. Ketika sesi interaktif ini berlangsung, banyak peserta yang antusias bertanya seputar bagaimana mencari inspirasi desain, mengatasi kebingungan saat membuat desain, dan lain-lain. Seluruh pertanyaan yang disampaikan cukup menarik dan memantik para peserta lain untuk ikut bertanya.

Sebelum workshop pelatihan desain berakhir, kedua pemateri menyampaikan bahwa untuk melatih kemampuan dalam dunia desain grafis, para peserta juga harus melakukan praktiknya secara langsung. Oleh karena itu, kedua pemateri membekali semua peserta dengan aset desain dan beberapa file desain untuk membuat ulang (recreate) desain yang sudah ada. Kemudian, terpilih tiga desain terbaik hasil recreate design sebagai output dari Pelatihan Desain HIMAKOM. Harapannya, seluruh peserta dapat memanfaatkan desain dan mampu menyampaikan informasi dalam bentuk visual dengan maksimal.


Penulis: Adelia Putri Maharani, Dani Ahmad Nugraha

Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka