Pada 8 November 2022, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY telah berhasil menggelar kegiatan National Symposium of Communication Science (NASCOM) secara offline di Gedung Auditorium UNY dengan mengusung tema “Peran Komunikasi terhadap Kemanusiaan di Era Digital”. NASCOM tahun ini menjadi salah satu rangkaian acara Bulan Komunikasi UNY 2022 yang juga merupakan program kerja terbesar Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY 2022.

Kegiatan ini turut mengundang Sujiwo Tejo sebagai keynote speaker dan 3 panelis lainnya yaitu Prof. Dr. Drs. Suranto, M.Pd., M.Si., Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil., dan Dr. Hendi Pratama, S.Pd., M.A. dengan dimoderatori oleh Ibu Ayu Usada Rengkaningtias, M.Sos. selaku dosen ilmu komunikasi FIS UNY.

Kegiatan NASCOM yang terdiri dari dua sesi yakni Conference berupa webinar dengan narasumber dan sesi presentasi Call for Paper dimana peserta yang telah mengikuti seleksi call for paper akan diprosidingkan. Kegiatan tersebut mengulik topik dan isu di bidang keilmuan komunikasi.

National Symposium of Communication Science (NASCOM) 2022 terbuka untuk umum, maka dari itu, acara ini berhasil mendatangkan lebih dari 500 peserta conference yang terdiri dari seluruh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia hingga masyarakat umum.

Para peserta juga turut membagikan momen mereka ketika menghadiri NASCOM 2022. Antusiasme peserta sangat terlihat ketika sesi Keynote Speaker berlangsung. Banyak peserta mengajukan pertanyaan kepada Sujiwo Tejo yang menjadi Keynote Speaker NASCOM 2022. Pesan-pesan mengenai komunikasi saat ini disampaikan dengan ciri khas Sujiwo Tejo yaitu lewat tembang-tembang yang dibawakan beliau. Tembang-tembang yang dilantunkan diiringi oleh Paduan Suara Mahasiswa Swara Wardhana dan juga band Orkeserius yang menambah kemeriahan NASCOM 2022. Panelis NASCOM 2022 juga turut membahas pantikan materi dari Sujiwo Tejo. Panelis pertama, Prof. Dr. Drs. Suranto, M.Pd., M.Si. yang membawakan materi berjudul “Media dan Disrupsi Budaya”. Panelis kedua, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil. dengan materi berjudul “Mediatisasi Agama”, dan panelis ketiga yaitu Dr. Hendi Pratama, S.Pd., M.A., yang juga dikenal sebagai selebriti TikTok, dengan materi berjudul “Strategi Pendidik untuk Menghadapi Gempuran Media Digital”. Sesi conference berjalan dengan meriah mengingat banyak peserta yang turut aktif berpartisipasi dalam menanggapi materi yang dipaparkan ketiga panelis NASCOM 2022. Sesi Call for Paper juga tak kalah menarik. Para presentator membawakan presentasi mengenai penelitian mereka dan ditanggapi dengan aktif oleh para peserta. NASCOM 2022 terbilang sukses dilihat dari antusiasme dari peserta NASCOM tahun ini.


Penulis: Syahidah Asma

Editor: Adelia Putri Maharani & Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka