Perdana, Ilmu Komunikasi FIS UNY Sukses Menyelenggarakan International Short Movie Competitition

Yogyakarta, 18 Desember 2022 – 2022 menjadi salah satu tahun yang bersejarah bagi jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY. Pasalnya pada tahun ini, Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UNY untuk pertama kalinya sukses melaksanakan kompetisi film pendek bertaraf Internasional. Kompetisi ini sendiri bernama KOMISION kepanjangan dari BULKOM International Short Movie Competition dengan mengambil tema “Interdependence of Humanity”.

 KOMISION menjadi salah satu acara yang tergabung dalam rangkaian besar Bulan Komunikasi UNY yang disingkat dengan BULKOM. BULKOM sendiri menjadi salah satu acara terbesar dari jurusan Ilkom UNY yang dipegang oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY. KOMISION menjadi rangkaian baru sebagai realisasi amanat dari Fakultas Ilmu Sosial UNY untuk menyelenggarakan perlombaan tingkat internasional.

Dalam KOMISION, terdapat beberapa rangkaian acara yang secara garis besar dimulai dari registrasi pada bulan Agustus sampai dengan kurasi dan penilaian karya pada bulan Oktober. Kemudian, screening film dan talkshow bersama bapak Drs. Alexandri Luthfi R, M.S pada tanggal 12 November 2022, dan acara terakhir, yaitu puncak acara Awarding Night yang jatuh pada tanggal 18 Desember 2022 di Gedung Performance Hall FBS UNY.

Karya yang telah disubmit sendiri dinilai oleh juri yang berpengalaman dibidangnya di antaranya yaitu Drs. Alexandri Luthfi R, M.S., Dyna Herlina Suwarto, SE, M.Sc., dan Wahyu Agung Prasetyo. Para juri tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga memberikan penilaian dari berbagai perspektif untuk memutuskan karya terbaik yang berhak memenangkan hadiah total 1000 USD.

Pemenang dari KOMISION ini diumumkan pada malam puncak yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T., M.Pd. Pada malam penganugerahan itu, diumumkan nominasi dan juga juara dari katagori hingga juara umum oleh para pembaca nominasi yang berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY.  Daftar juara-juara dari kategori KOMISION di antaranya:

  • Aktor terbaik dimenangkan oleh “Denok”
  • Aktris terbaik dimenangkan oleh “Egg Shell”
  • Sinematografi terbaik dimenangkan oleh  “Kinanthi”
  • Editor terbaik dimenangkan oleh “Omah-omah”
  • Sutradara terbaik dimenangkan oleh “Egg Shell”
  • Penata Artistik terbaik dimenangkan oleh “Ultimatum”

Pemenang film terbaik diantaranya :

Juara 1: Egg Shell (Singapore)

Juara 2: Omah-Omah (Indonesia)

Juara 3: Mengubur Jejak (Indonesia)

Juara Harapan: Denok (Indonesia)

Dengan suksesnya KOMISION di tahun ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi Ilmu Komunikasi UNY dan membuka kesempatan-kesempatan baik lainya dimasa depan. Hal ini pun selaras dengan harapan Aang Nur Hikmah, selaku ketua Bulan Komunikasi 2022.

“Dengan animo peserta tahun ini yang tinggi, diharapkan KOMISION akan menjadi event tahunan yang dapat menjadi wadah bagi penggiat film pendek dalam mengembangakan karyanya, serta KOMISION ini akan menjadi salah satu event unggulan yang dapat berkembang lebih baik di setiap tahunnya” harap Aang Nur Hikmah untuk KOMISION tahun selanjutnya.


Penulis: Salma Nafia

Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka

Categories: Uncategorized