SOSIALISASI, BAKSOS, DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DUSUN KARANG


Yogyakarta, 6 Juli 2022 — Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan kegiatan sosialisasi, baksos, dan pengabdian masyarakat di Dusun Karang, Kelurahan Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari satu malam, yakni pada tanggal 2-3 Juli 2022 dan diikuti oleh 24 orang panitia. Kegiatan sosialiasi, baksos, dan pengabdian masyarakat tersebut merupakan hasil kolaborasi program kerja antara divisi LITBANG dan APP HIMAKOM UNY. Kegiatan ini penting dilakukan mengingat relevansinya dengan GBHK Pasal 16 Ayat 2 Poin C yang berbunyi “Melaksanakan penggalangan dana sosial sebagai bentuk tindak kepedulian kepada yang membutuhkan baik internal maupun eksternal Jurusan Ilmu Komunikasi FIS UNY” dan GBHK Pasal 16 Ayat 2 Poin F, yakni “Melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan”.

Sejalan dengan hal itu, kegiatan sosialisasi, baksos, dan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membina hubungan baik HIMAKOM FIS UNY dengan pihak eksternal, khususnya masyarakat Dusun Karang; membantu masyarakat Dusun Karang, baik secara moril dan meteriil; menumbuhkan rasa peduli mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY terhadap lingkungan sekitar; dan terakhir menciptakan semangat belajar bagi masyarakat sekitar.       

Program kerja ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan utama, yaitu sosialisasi, kerja bakti, bimbel, dan baksos. Pada hari pertama, kegiatan yang dilaksanakan adalah pembukaan dan sosialisasi. Pembukaan dilaksanakan pada sore hari di Rumah Pintar Dusun Karang dan dihadiri oleh Kepala Dukuh serta perwakilan warga dari tiap RT. Sosialisasi dilaksanakan pada malam harinya dengan jumlah peserta sebanyak 36 pemuda-pemudi Dusun Karang yang duduk di bangku SLTP dan SLTA. Kegiatan sosialisasi tersebut mengusung tema “Yang Muda, Yang Beretika: Tips dan Trik Agar Bijak Bermedsos”.

Pada hari kedua, kegiatan yang dilakukan adalah kerja bakti, bimbel, dan baksos. Panitia bersama-sama dengan warga setempat melaksanakan kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan sekitar Rumah Pintar dan rumah warga. Kegiatan kerja bakti dilanjutkan dengan kegiatan bimbel yang dihadiri oleh anak-anak TK, SD, dan SMP berjumlah 38 anak. Terakhir, rangkaian acara ditutup dengan kegiatan baksos berupa pemberian bahan pangan pokok kepada 45 kepala keluarga yang membutuhkan di Dusun Karang.

HIMAKOM UNY menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun Karang yang telah berpartisipasi dalam acara sosialisasi, baksos, dan pengabdian masyarakat yang kami laksanakan. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kami berharap dapat terjalin hubungan dan kerjasama yang baik antara masyarakat Dusun Karang dengan HIMAKOM UNY untuk ke depannya.

Penulis: Alsyifa Mutiara Dewi, Faza Ahimsa Abrar
Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka