“Communication Futsal Competition”

Dalam rangka menjalin hubungan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan turnamen futsal antar mahasiswa Ilmu Komunikasi. Communication Futsal Competition merupakan salah satu program kerja dari Divisi Minat Bakat Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY. Kegiatan tersebut diadakan pada 22 Oktober 2022 di Bardosono Happy Futsal, Warungboto, Yogyakarta. 

Kegiatan turnamen futsal Ilmu Komunikasi diikuti oleh 4 angkatan terdiri dari 7  tim, dan setiap timnya berjumlah 8-9 orang. Turnamen tersebut dimulai pada pukul 09.00 hingga 15.00 yang diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana, penanggung jawab, dan ketua himpunan mahasiswa. Lebih lanjutnya turnamen futsal ini menggunakan sistem pembagian grup, dimana pembagian grup terdiri dari perwakilan 2 tim setiap angkatan dan dibagi menjadi dua grup. Seluruh tim yang berada pada satu grup akan saling berhadapan dan diperingkat berdasarkan poin yang diraih dalam setiap pertandingan. Dua tim dengan perolehan poin tertinggi pada masing-masing grup akan lolos ke babak semifinal dan dilanjutkan perebutan juara ketiga dan final untuk perebutan juara pertama.

Communication Futsal Competition pada tahun ini memiliki tagline “Make Story to be History” yang memiliki makna “Jadikan cerita untuk sebagai sejarah”. Sejarah pada tahun ini diukir oleh juara pertama, yaitu tim Dharmo FC yang berasal dari Ilmu Komunikasi angkatan 22, diikuti oleh juara kedua, ayu tim Bunda FC dari Ilmu Komunikasi angkatan 21, dan juara ketiga dimenangkan oleh tim Joko FC. Penghargaan juga diberikan untuk pemain dengan perolehan skor tertinggi, Top Score, pada tahun ini dicetak oleh mahasiswa angkatan 21, yaitu Raihan Alfi. Setiap tim yang menjuarai turnamen pada tahun ini diberi apresiasi langsung oleh ketua pelaksana berupa uang pembinaan, piala, dan sertifikat, dan pemain dengan skor tertinggi diberi apresiasi berupa uang pembinaan dan sertifikat.

Turnamen ini dilaksanakan dengan tujuan mewadahi dan menyalurkan minat bakat para mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UNY. Selain itu, acara ini ditujukan untuk membangun jiwa sportivitas dan rasa kekeluargaan yang lebih antar mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY, serta menumbuhkan bakat-bakat dalam bidang olahraga futsal, mendukung potensi mahasiswa baik dalam potensi akademik, skill, maupun potensi olahraga. Adanya turnamen ini disamping untuk refreshing dan menjaga kesehatan, diharapkan seluruh pemain yang mengikuti Communication Futsal Competition mendapatkan esensi dan manfaat dari acara yang telah berlangsung.


Penulis: Fajar Wahyu Priyambudi

Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka

Categories: Uncategorized