“Bulan Komunikasi”

Bulan Komunikasi atau yang biasa disebut dengan “Bulkom” merupakan sebuah ajang apresiasi dalam bidang keilmuan Komunikasi. Apresiasi ini ditunjukkan untuk mewadahi karya-karya praktisi perfilman, periklanan, jurnalistik, kehumasan, fotografi, dan bidang keilmuan komunikasi lainnya yang kini industrinya semakin berkembang pesat di Indonesia. Harapannya, Bulan Komunikasi akan menjadi ajang paling bergengsi dalam dunia Ilmu Komunikasi di Yogyakarta.

Bulan Komunikasi menjadi acara puncak kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNY tahun 2022 yang dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan yaitu KOMISION (Bulkom International Short Movie Competition), submisi karya nasional, pameran PRASASTI (Panggung Apresiasi Keilmuan Komunikasi), dan diakhiri dengan awarding peserta yang bertajuk malam penganugerahaan Bulan Komunikasi 2022. 

Untuk pertama kalinya semenjak HIMAKOM FIS UNY berdiri, tahun ini adalah pertama kalinya HIMAKOM mengadakan lomba short movie pada tingkat internasional bernama KOMISION (Bulkom International Short Movie Competition) tahun 2022 yang bertemakan “Interdependence of Humanity”. Lomba ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Bulan Komunikasi 2022. KOMISION dilaksanakan pada rentang bulan Agustus sampai dengan November, dengan jumlah pendaftar sebanyak 42 karya film dari empat benua yang berbeda. Dari 42 karya film tersebut dilakukan proses kurasi oleh juri-juri yang berkompeten pada bidangnya, sehingga menghasilkan 5 film terbaik yang selanjutnya dilakukan screening di Ruang Audio Visual Benteng Vredeburg Yogyakarta. Dalam screening film ini, para filmmaker dari 5 film terbaik diundang untuk mengupas tuntas terkait film yang mereka buat. Selain itu, sebagai penutup dari screening film, diadakan talkshow bersama salah satu juri KOMISION, yaitu Drs. Alexandri Luthfi R, M.S yang membahas mengenai tema KOMISION dari perspektif dunia film.

Pameran karya Bulan Komunikasi pada tahun ini bernama PRASASTI: Panggung Apresiasi Keilmuan Komunikasi dengan mengangkat tema “Humanity in the Madness of Information and Communication Technology Era”. Proses hingga sampai pada tahap pameran, diawali dengan Open Submisi Karya yang dikurasi oleh para kurator hingga akhirnya menghasilkan karya-karya terpilih yang dipamerkan dan diapresiasi. Karya yang dipamerkan pada tahun terdapat karya-karya di bidang film, newscasting, PR campaign, periklanan, fotografi, dan lukisan. Selain karya-karya yang dapat diapresiasi, terdapat juga dua instalasi permainan yang bisa bebas dimainkan oleh pengunjung, yaitu puzzle dan dart game. Kemudian, ada reward untuk pengunjung yang berhasil menyelesaikan tantangan. Pada tahun ini untuk pameran karya seni lukis Bulan Komunikasi menjalin kerja sama dengan Sanggar “Pok Ame-Ame” yang merupakan sanggar lukis bagi teman-teman difabel. PRASASTI dibuka pada tanggal 16 November 2022 dibersamai oleh Bapak Dr. Suhadi Purwantara, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial. 

Saat pengunjung memasuki Ruang Sultan Agung akan langsung disambut dengan logo Bulan Komunikasi dan instalasi puzzle. Setelah itu, terdapat instalasi fotografi di tengah ruangan bersamaan dengan instalasi lain di samping kiri lukisan. Sedangkan, samping kanannya terdapat pameran online, instalasi iklan, dan PR campaign. Selanjutnya, di ruang bagian kanan, terdapat instalasi topeng, instalasi pohon, karya jurnalistik, dan dart game. Bagian terakhir terdapat ruang bioskop di belakang pameran yang menampilkan film-film pendek. Pameran ini terbuka untuk umum, sehingga masyarakat luas bebas untuk datang ke PRASASTI 2022. Selain pameran karya, pada tanggal 19 November 2022 dilaksanakan talkshow bertajuk “Asa Prakarsa Manusia” yang digelar di tempat yang sama dengan pameran karya. Talkshow ini mengundang presiden dari Info Cegatan Jogja dan Project Coordinator, Kita Muda Kreatif UNESCO Jakarta selaku narasumber. Talkshow diadakan di tengah-tengah pameran sehingga dapat menarik perhatian pengunjung. Pameran ini dikunjungi oleh lebih dari 1300 pengunjung terhitung sampai dengan hari terakhir.

Rangkaian acara yang terakhir adalah Awarding Night sebagai penutup sekaligus acara puncak dari serangkaian Bulan Komunikasi 2022. Dilaksanakan pada 18 Desember 2022 secara luring di Performance Hall Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Awarding Night memberi penganugerahan kepada peserta yang memenangkan lomba KOMISION dan memenangkan kategori-kategori terbaik dalam tiap karya yang ditampilkan pada PRASASTI. Selain memberikan penghargaan terdapat juga hiburan-hiburan seperti band, modern dance, dan sendratasik. Awarding Night ditutup dengan penampilan dari guest star DISKOTHERMIA. Acara ini merupakan acara yang terbuka untuk umum, sehingga tidak hanya nominator saja melainkan masyarakat umum bisa bebas untuk berpartisipasi.

Bulan Komunikasi tahun 2022 telah berlangsung dengan meriah dan diharapkan acara ini dapat lebih memperkenalkan jurusan Ilmu Komunikasi UNY kepada masyarakat luas dan memfasilitasi penggiat karya-karya keilmuan komunikasi untuk menampilkan karyanya ke masyarakat.


Penulis: Josia Pais El Siloam, Aldila Salmaa Azzahra

Editor: Odilia Diana Dyah Ayu Pitaloka

Categories: Artikel